Tata Cara Pembuatan Kitchen Set

Widodo.web.id - Kitchen set merupakan salah satu perangkat dapur yang berbentuk lemari kabinet yang berfungsi untuk menyimpan alat-alat rumah tangga, khususnya perlengkapan dapur. Secara umum kitchen set merupakan produksi furniture yang dibuat untuk mewadahi keperluan memasak dalam rumah yang dilengkapi dengan peralatan yang menunjang untuk masak-memasak.

Kebanyakan orang-orang tidak terlalu mempedulikan ukuran kitchen tersebut, apakah tinggi kabinet gantung teralu tinggi atau terlalu rendah, akibatnya saat beraktifitas di dapur akan merasa tidak nyaman. Ukuran idela sebuah kitchen set sepintas terkesan sepele. Tapi sebagai pengguna bisa merasakan sendiri akibatnya. Ukuran yang sembarangan dapat membuat kerja di dapur jadi tidak nyaman. Kalau mau lebih nyaman lagi, seharusnya ukuran lemari, working table, dan kitchen set harus disesuaikan dengan ukuran tinggi badan, bahkan ukuran siku, dari orang yang sering beraktivitas di dapur.

Tinggi Meja Kerja
Ketinggian tempat bak cuci, meja dapur, kompor, dan meja kerja sebaiknya setinggi pinggul, 85 cm - 90 cm dari lantai. Agar posisi tangan tidak terlalu tinggi atau rendah yang mengakibatkan pegal.

Daya jangkau
Permukaan meja kerja juga harus diperhatikan berapa lebarnya. Daya jangkau tangan manusia, khususnya wanita, ke depan adalah 85 cm, sementara ke samping antara 42cm - 62cm.

Sirkulasi
Jarak sirkulasi koridor antara area kerja satu dan yang lain, juga perlu diperhatikan. Terlalu sempit akan membuat dapur terasa sempit dan tidak nyaman. Masih dari Kitchens That Work disebutkan, bahwa jarak optimal yang sebaiknya diaplikasikan adalah 94cm.

Area Kerja
Area kerja, yaitu adanya ruang bebas antara meja dapur yang letaknya berhadapan, setidaknya harus berjarak 90 cm. Jarak ini berguna untuk memberi keleluasaan orang berdiri dan bekerja di dapur, juga saat membungkuk dan berjongkok ketika mengambil barang dari kabinet bawah. Jika merangkap jalur sirkulasi kegiatan di dapur, jarak tersebut minimum 150 cm.

Jarak Meja Dapur Dengan Dasar Kabinet
Jarak ideal antara meja dapur dengan dasar kabinet atas sekitar 50cm - 60cm. Dengan demikian, barang di dalam kabinet atas dapat dijangkau dengan mudah.

Lebar Meja
Lebar meja dapur sekitar 60 cm sehingga dengan ukuran ini, tangan dapat dengan nyaman bergerak dan kompor dan bak cuci standar terpasang sesuai dengan lebar yang tersedia.

Lebar Kabinet
Kabinet atas sebaiknya memiliki lebar tidak lebih dari 35 cm, agar kepala tak terantuk saat memotong atau mempersiapkan makanan.

Lekukan Kabinet Bawah
Lekukan di bawah kabinet sekitar 10 cm supaya orang dapat berdiri tegak menghadap meja dapur dan ujung kaki tak terganggu dengan kabinet. Lekukan tersebut juga berguna pada saat mengepel lantai.

Spesialis pembuatan kitchen set aluminium Klik Disini






0 Response to "Tata Cara Pembuatan Kitchen Set "

Posting Komentar

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel